TAUFIQ

Taufiq

TAUFIQ

خلق قدرة الطاعة للعبد Kholqu qudrotuthooatu lil 'abdi,satu kemampuan seorang hamba untuk thoat kepada Allah,dan orang itu namanya mendapat taufiq.

Ada orang tidak kuat apa-apa,badan sehat,duit banyak,semua serba cukup,tapi tidak kuat mengerjakan thoat kepada Allah,maka orang tersebut tidak mendapat taufiq dari Allah swt.
Kholqu qudrotithoatu lil 'abdi,suatu kemampuan yang Tuhan berikan bagi seorang hamba untuk thoat kepada Allah,meskipun badannya tidak cukup kuat,kurus dan keadaan hidupnya cukup sederhana tapi dia cukup junjung perintah Allah swt dengan keadaan berat tadi itu namanya orang mendapat taufiq dari Allah swt.

Taufiq adalah satu barang yang sangat mahal sekali,kenapa mahal???

Tidak ada toko yang jual taufiq,yang ada Toko Bang Tofiq.
Nama yang disebut dalam qur'an:
ﻭَﻣَﺎ ﺗَﻮْﻓِﻴﻘِﻲ ﺇِﻟَّﺎ ﺑِﺎﻟﻠَّﻪِ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﺗَﻮَﻛَّﻠْﺖُ ﻭَﺇِﻟَﻴْﻪِ ﺃُﻧِﻴﺐُ

Ayat fii suroti Hud,cuma satu ayat,mahal ini taufiq,begitu banyak ayat ribuan tapi cuma satu ayat tuhan sebut taufik.Wamaa taufiiqi illaa billaahi,'alaihi tawakkaltu wa ilaihi uniib,tidak ada yang memberi taufik kecuali Allah,kepadanya kita berserah dan kepadanya kita kembali.

Kalau ada di ayat lain kita dengar:
إِنْ يُرِيدَا إِصْلاحًا يُوَفِّقِ اللَّهُ بَيْنَهُمَا
sebut taufiq tapi bukan maksudnya Kholqu qudrotitthooat,itu katanya famin maddatilwifa yufawwidu yuwaffiqillah bainahuma:baina jauzain,itu artinya sepakat,akur,antara laki bini,yuwaffiqillaahu bainahumaa.
Di lain ayat lagi:إِنْ أَرَدْنَا إِلا إِحْسَانًا وَتَوْفِيقًا
bukan maknanya kholfu qudrotutthooat,jadi tetap taufiq itu satu ayat.
Tidak banyak orang dapet taufiq dari Allah swt,coba berapa banyak pada saat yang sama,orang yang lagi pelesiran,sedang senang-senang,sedang foya-foya,lupa kepada Allah ta'ala,banyak ninggalin perentah Allah,sampe sembahyang kaga keburu.
Tapi Alhamdulillah kita masih sempat berlibur,felesiran ke tempat Roudhotiljannah.Siapa bilang roudhotiljannah??? Nabi bersabda:
إذا مررتم برياضالجنة فارتعوا " قالوا : وما رياض الجن ؟ قال : " حلق الذكر "
Idjaa marortu biriyaadhiljannah farta'uu,wamaa riyadhuljannah qoola hilaqudjikri,wa fii ba'dirriwayah majaalisul 'ilmi.Apabila kamu berjalan maelalui taman surga,maka mampirlah kamu,shohabat terkejut,apakah kita ini pernah berjalan di dunia ini kebun surga???
Wamaa riyaadhuljannah ya rosuulullah,apa itu kebon surga yaa rosulullah??? Kata Nabi,hiilaqudjjikri,majlis yang sebut Tuhan,zikrullah,zikrulmaut,zikrul 'ilm,zukrulhalal walharoom.Membicarakan agama agar kita kenal kepada Tuhan,itu taman surga,mampirlah kamu di tempat itu.Kenapa sebut nama Tuhan? Allah berfirman:
فَاذْكُرُونِي أَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوا لِي وَلَا تَكْفُرُونِ
fadjkuruuni adjkurkum,wasykuruulii walaa takfuruun.
Fadjkuruunii,sebutlah namaku kata Tuhan,Adjkurkum,niscaya aku sebut namamu.fadjkuruuni fi'il amr,perentah dari Tuhan,Adjkurkum jawab amr,niscaya,pake niscaya maknanya,kalau kamu sebut aku niscaya aku sebut namamu.fasykuruu lii syukur nikmat yang kuberikan kepadamu,walaa takfuruun,jangan kamu ingkari nikmat yang kuberikan kepadamu,itu pesan Tuhan dalam hadits.
Nabi bersabda dalam hadits qudsi:
ومن ذكرني في نفسه ذكرته في نفسي ، ومن ذكرني في ملإ ذكرته في ملإ خير منهم
Man djakaroni fii nafsihi,djakartuhu fi nafsi.
Siapa yang sebut namaku diwaktu sendiri,diwaktu malam sebut nama tuhan,yaa Allah,yaa Rohmaan,aku sebut engkau.
Man djakaroni fii nafsihi djakartuhu fii nafsi,waman djakaroni fii malaain,siapa yang sebut aku berame-rame seperti di majlis ini sebut nama Allah,Aku sebut di satu di malaain,disebut satu-satu orang yang hadir djakartuhu pulang kepada Man,aku sebut di suatu tempat yang mulia dilangit,khoirun fii malaih,yang lebih baik dari majlis kita.
Malaaih itu tempat berkumpul para malaikat.
Maa ba'da kalaamirrosuul kalaam,kalau Allah dan rosul sudah berfirman,tak ada yang sanggup menandingi kalam Allah dan kalam rosul,itu hadits qudsi berkata.

Dalam hadits Anas bin Malik:

 ما الميت في القبر إلا كالغريق المتغوث ينتظر دعوة تلحقه من أب أو أم أو أخ أو صديق فإذا لحقته كانت أحب إليه من الدنيا وما فيها ، وإن الله ليدخل على أهل القبور من دعاء أهل الأرض أمثال الجبال – يعني من الرحمة -وأن هدية اﻷحياء إلى اﻷموات اﻹستغفار لهم
Mal mayyitu fii qobrih,illa kal ghoriiqil mutaghowwis.
Mal mayyitu,tidak orang yang mati seperti orang yang nganyut.
Orang yang mati seperti orang yang lagi nganyut,ghoriq timbul tenggelam,kelelep.Almutaghowwis yang minta pertolongan orang yang di atas,ada orang jatoh dari atas jembatan nyemplung kekali,kita ada diatas kita bisa tolong dia lemparin tambang atau pake galah,atawa papan biar dia bisa ngoyor.Almutaghowwis orang yang lagi mbak-mbakan timbul tenggelam minta tolong,kita liat ksian kita tolongin.

Wa ashib djawilma'ruf,kalo nyari temen cari orang yang ada elmunya,jangan sembarangan orang, kita temenin,dia bisa nyusain kita.Cari kawan yang bisa kasi petunjuk yang baik,itu kawan namanya,yang bisa doain kita.
Kalo orang di dalem kubur dikasi dunya beserta isinya,dia kaga girang kecuali dikasi doa dari orang yang hidup.
Karena dunia bagaimanapun bakal habis,semuanya adalah tanah,berlian tanah,emas tanah,zamrud tanah,orang tanah,,,maa 'alatturob turob,apa yang diatastanah tanah.
Jadi,doa sangat diharapkan dari orang yang hidup,karena dunia pasti bakal habis.

Wa inna hadayal ahyaa addu'aa wal istighfar,
Hadiah orang yang hidup buat yang mati,addu'aa wal istighfar.
Astaghfirullaahal'adzhiim,lii waliwaalidayya,walilmu'miniina wal mu'minaat,wal musliimiina walmuslimaat.

Ilmin laa yanfa' ka du'aain laa yarja'
Ilmu yang tidak bernanfaat seperti du'a yang ga manjur.

Allahumma kamaa an'amta 'alaina fazid,wa kamaa zidta 'alaina fabaarik,wa kamaa baarokta falaa tasluk.
#taufiq #TAUFIQDANHIDAYAH

Komentar

Popular Posts

Darkah Ya Ahlil Madinah,Ya Tarim Wa Ahlaha - دركاة يا أهل المدينة ، يا تريم و أهلها

TEXT KHUTBAH JUM'AT KH ZAINUDDIN MZ

ORANG-ORANG YANG DI CINTAI ALLAH SWT