LAILATULQODAR


Mari kita teliti suroh ALQODAR/innaa anzalnaahu...
suroh alqodr jumlah katanya ada
30 Tigapuluh kata.Dan kata yang ke 27 adalah هي(HIYA),yaitu dhomir mu'anats yang kembali kepada Lailatulqodar.Yaitulah Salaamun Hiya,lafadz ليلةالقدر jumlah hurufnya ada 9 huruf,dalam suroh alqodr di sebutkan 3 kali.Jika di hitung secara matematic 9 x 3 = 27.
mari kita renungkan bersama,jemputlah lailatulqodr mulai malam ini.
Berkata Abu Hasan Assadzili,beliau selalu melihat lailatulqodar dari mulai baligh sampai wafat.
Inilah yang dikatakannya:

  • Apabila puasa dimulai hari Ahad, maka lailatul qodar jatuh pada malam tanggal 29.
  • Apabila puasa dimulai hari Senin, maka lailatul qodar jatuh pada malam tanggal 21.
  • Apabila puasa dimulai hari selasa, maka lailatul qodar jatuh pada malam tanggal 27.
  • Apabila puasa dimulai hari Rabu, maka lailatul qodar jatuh pada malam tanggal 19.
  • Apabila puasa dimulai hari Kamis, maka lailatul qodar jatuh pada malam tanggal 25.
  • Apabila puasa dimulai hari Jum'at, maka lailatul qodar jatuh pada malam tanggal 17.
  • Apabila puasa dimulai hari Sabtu, maka lailatul qodar jatuh pada malam tanggal 23.
Itu semua adalah anugerah Allah yang diberikan kepada para muqorrobin dan 'arifin,sehingga beliau dapat menyaksikan secara langsung isyarat-isyarat yang terdapat pada malam seribu bulan.
Dan adapula riwayat:
إنه كان لعثمان بن أبي العاص غلام فقال يا مولاي إن البحر يعذب ماؤه ليلة من الشهر، قال: إذا كانت تلك الليلة فاعلمني فإذا هي السابعة والعشرون من رمضان
"Bahwasanya bagi Utsman bin Abil Ash ada seorang budak,pada suatu ketika berkatalah budak itu kepada nya:
Wahai Tuanku,sesungguhnya air laut terasa tawar pada suatu malan dari suatu bulan.Katanya:jika terdapat pada malam itu,beritahulah aku.Maka ternyata pada malam itu malam ke duapuluh tujuh dari bulan ramadhan.
Saudaraku,kami tidak memaksakan pendapat ini untuk anda,akan tetapi kami sendiri lebih yaqin dari hujjah yang kami dapat kemukakan kepada anda.
Ketahuilah bahwa untuk mendapatkan pahala seribu bulan itu tidaklah disyaratkan bahwa kita mengetahui malam itu lailatulqodar.Yang di maksud adalah mushodafah atau kebetulan apa yang kita lakukan daripada kebaktian itu.Bagi sebagian sholihin dikasyafkan,mengenai peristiwa keajaiban dimalam itu,tapi itu tidak menjadi syarat memperoleh pahala seribu bulan.
Untuk menghasilkan inkisyafnya sesuatu dari alam malakut pada malam yang mubarokah ini kami kemukakan disini apa yang diutarakan oleh Hujjatul Islam Al Imamul Ghozali di dalam Ihya Ulumiddin juz 1 halaman 242,sebagai berikut:
وليلة القدر عبارة عن الليلة التي ينكشف فيها شيء من الملكوت وهو المراد بقوله تعالى " إنا أنزلناه في ليلة القدر " ومن جعل في قلبه وبين صدره مخلاة من الطعام فهو عنه محجوب. ومن أخلى معدته فلا يكفيه ذلك لرفع الحجاب ما لم يخل همته عن غير الله عز وجل.
"Dan Lailatulqodar itu sebutan untuk suatu malam yang terbuka nyata pada nya sesuatu dari alam malakut dan yaitulah yang dimaksud dengan firman Allah:Sesungguhnya aku turunkan dia pada malam yang mulia.Dan barangsiapa yang menaruhkan dihatinya dan dadanya,kantung daripada makanan,maka ia terhalang daripadanya.Dan orang yang mengosongkan perut besarnya pun,belum mencukupi yang demikian itu untuk membuka hijab,sebelum dikosongkan gerak hatinya dari selain Allah Azza wajalla".

Demikianlah,semoga kita semua dapat memahaminya.
Wallahulmuwafiq.

Komentar

Popular Posts

Darkah Ya Ahlil Madinah,Ya Tarim Wa Ahlaha - دركاة يا أهل المدينة ، يا تريم و أهلها

TEXT KHUTBAH JUM'AT KH ZAINUDDIN MZ

ORANG-ORANG YANG DI CINTAI ALLAH SWT