يَوْمَ يُنَادِ الْمُنَادِ

وَاسْتَمِعْ
Wastami':Dan dengarkanlah..
يَوْمَ يُنَادِ الْمُنَادِ
Yaumalyunaadil munaadi:Pada hari nanti ada yang berteriak,munadi...
Almunaadi hua Isrofil,malaikat Isrofil bakal manggil kita yaitu untuk bangkit dan untuk menghancurkan.
Malaikat Isrofil duakali dia tiup serunai,serunai pertama untuk menghancur leburkan makhluq semua,serunai yang kedua untuk bangkit.
Yunadil Munadi hua Isrofil,

مِن مَّكَانٍ قَرِيبٍ
min makaanilqoriib dari tempat yang hampir minassamaa.
Di dalam riwayat katanya,ini serunai di tiup dimana Shokhroh baitul maqdis (صخرة بيت المقدس),batu besar baitul maqdis ada yang namanya shokhroh yang menjadi qiblat yahudi,itulah Shokhroh.
Maka dari atas itulah Isrofil nanti akan meniup Sangkakala.
Serunai itu di tiup duakali.
Pertama untuk meluluhlantakan,hancur semua gunung,semua isinya bumi ini dan manusia juga binasa.
Empat puluh tahun lagi di serunai yang kedua untuk bangkit kepada Allah Swt.
Disini katanya Shokhroh baitul maqdis aqrobu maudi'in minal ardi ilassamaa:tempat yang paling deket dari bumi ke langit.
Begini suaranya malaikat isrofil waktu serunai yang pertama:

يا أيتها العظام البالية والأوصال المتقطعة
 واللحوم المتمزقة والشعور المتفرقة ، إن الله يأمركن أن تجتمعن لفصل القضاء

Itu untuk menghancurkan seluruh makhluq di permukaan bumi.
Yang Allah firmankan dalam Alqur'an:

وَنُفِخَ فِي الصُّورِ فَصَعِقَ مَن فِي السَّمَاوَاتِ وَمَن فِي الْأَرْضِ إِلَّا مَن شَاءَ اللَّهُ ۖ ثُمَّ نُفِخَ فِيهِ أُخْرَىٰ فَإِذَا هُمْ قِيَامٌ يَنظُرُونَ

Di tiup itu serunai yang pertama,maka binasa itu seluruh makluq di langit dan di bumi,kemudian di tiup serunai yang kedua maka manusia bangkit.

Serunai yang kedua bunyinya begini:
Ayyatuhal 'izdhoomulbaaliyah
Wahai tulang belulang yang sudah hancur,yang sudah jadi bubuk,itu tulang kelamaan di bumi dia hancur kaya pasir atawa kaya bedak,yang udah ribuan tahun itu 'idzhoomul baaliyah,hai tulang belulang yang sudah hancur lebur!.

والأوصال المتقطعة
Itu awshol maknanya ruasan/buku-buku,manusia ada 360 buku-buku,dari kepala sampe kaki yaitu tsalaatsatu mi'ah wasittuun nifshol ada 360 ruasan.Itu adala semua ruasan-ruasan yg udah pada putus nyambung lagi.

واللحوم المتمزقة
Dan daging- daging yang udah nyampur ama tanah,sudah lebur sama sekali dengan tanah.
Karena itu manusia di dalam tanah akan hancur dia punya dagingnya lantas hancur pula dia punya tulangnya.
Manusia kalau masuk ke dalam kubur dia punya bantalnya yaitu pipinya ngga pake bantal,pipi yg begitu cantik yg begitu licin besok akan nempel dimana tanah,mulut dan idung kita dimiringin dan kita cium itu kita punya ibu,yang Allah Ta'alaa katakan:

ﻣِﻨْﻬَﺎ ﺧَﻠَﻘْﻨَﺎﻛُﻢْ ﻭَﻓِﻴﻬَﺎ ﻧُﻌِﻴﺪُﻛُﻢْ ﻭَﻣِﻨْﻬَﺎ ﻧُﺨْﺮِﺟُﻜُﻢْ ﺗَﺎﺭَﺓً ﺃُﺧْﺮَﻯٰ
Dari tanah kami jadikan kamu,kedalam tanah kami kembalikan kamu,dari tanah nanti akan dikembalikan lagi dan akan menghadap Allah swt.

Jadi itu manusia di masukan kepalanya dulu,terus yang urus kepala itu di buka dia punya kaen putih ikatannya,di buka dia punya muka,yang begitu disayang itu muka,yang begitu licin itu muka,yang dihias siang hari dan malam,maka disitu tidak cantik lagi,di baluri dengan kapas dan cendana,maka idung kita di rapeti,mulut kita beradu dengan tanah.
Maka terus dibuka,lantas terus dimiringin,terus di ganjel sama pelor-peloran yang dibikin dari tanah sekepel-sekepel supaya dia tidak lekas bebalik,lantas dikasi papan dinding ari-ari yang untuk menahan tanah,terus di uruglah,dan dipasanglah nisan kita,sifulan bin pulan wafat tanggal sekian habislah riwayat hidup kita.
Selanjutnya itu badan manusia yg sudah tidak ada ruh daripadanya,maka untuk menjawab soal Malakain(dua malaikat) kemudian Allah Ta'ala kembalikan ruhnya,untuk menjawab pertanyaan malaikat,Man Robbuka,Wa man Nabiyyuka,kalo dia bisa dia fii ahsanihaa(dalam keadaan baik),kalo kaga Wa Huwa fii aswaihaa(seburuk-buruknya nasib yang malang) masuk kedalam kubur tidak dapat menjawab Soal Munkar wa Nakir.

القبر أول منزل من منازل الآخرة، فإن نجا منه فما بعده أيسر منه، وإن لم ينج منه فما بعده أشد
Alqobru Awaalu manzilin:
Kata Nabi: itu kubur stasiun pertama dari Stasiun Akhirat,pos pertama daripada pos-pos akhirat.
Kalo orang masuk kubur pertama kali selamat,kesonohnya lebih gampang.
Kalau persoalan pertama gagal maka kemudian lebih sulit lagi.

Maka badan manusia yang sudah tidak bisa hidup,dua tiga hari bengkak dia,itu papan dinding ari-ari yang tadinya longgar jadi sempit karena badan mayyit itu bengkak,beberapa hari kemudian pecah,keluar air,keluar belatung.
Katanya:
Engkau makan,makanan yg sedep yang enak di dunia,nanti belatung akan memakan badanmu dikuburan.
Allah Ta'ala kasih hidup cacing,dan belatung-belatung juga Allah kasi hidup dalam tanah,dimakanin badan kita sama belatung-belatung ampe habis dan belatung- belatung saling makan sampai belatung itu tinggal satu,kemudian belatung yg nyisa satupun mati,habislah badan kita,maka yang nyisa tinggal tulang belulang.
Maka habislah daging kita,mana itu muka yang ganteng,mana itu badan yang kekar?
Nanti pada suatu kutika Wal awshoolul mutaqotti'ah,walluhuumul mutamazziqoh,itu daging yg udah jadi tanah,wassyu'urul mutafarriqoh,rambut-rambut yang udah pada putus,rambut yang dulunya ikal berderai,yang panjang-panjang itu perempuan,pada hari qiyamat akan nempel lagi,tulang nyambung lagi,badan jadi lagi.
Kata Malaikat Isrofil waktu meniup:Innallan ya'murukunna an tajtami'na lifashlilqodhoo:
Allah perintah kepada kamu semua,bahwa berkumpul untuk hari perceraian hukum,lifashlilqodhoo yakni hari padang mahsyar haru qiyamat.
Semua di bangkitkan pada bentuk semula dengan taqdir Allah Ta'ala,Manusia naik lagi keatas padang Mahsyar menapakkan kakinya untuk menerima putusan daripada Allah Swt.
Sesudah padang mahsyar di putuskan,Fariiqun fil jannati,wa fariiqun fissya'iir:segolongan masuk surga dan segolongan masuk neraka.

Wa maa daaruljannatu limattaqoo,wa naarun liman lam yattiqillaah fasma'haa:
Yaitu nanti di akherat,di mahsyar,tidak banyak rumah,rumah orang yang bertaqwa surga,rumah orang yang durhaka masuklah kedalam neraka.
Habislah riwayat hidup manusia.

Komentar

Popular Posts

Darkah Ya Ahlil Madinah,Ya Tarim Wa Ahlaha - دركاة يا أهل المدينة ، يا تريم و أهلها

TEXT KHUTBAH JUM'AT KH ZAINUDDIN MZ

ORANG-ORANG YANG DI CINTAI ALLAH SWT