Dakwah Kepada Jalan Allah

Da'wah ilallah

Menyambung bacaan kita dalam kitab Adda'watuttaammah,

فليغتنم الداعي :
LAM 'amr,hendaklah mengambil ke untungan,orang yang Da'i yaitu orang yang mengajak,orang yangmemanggil,katakanlah juru pidato( itu da' i namanya ).
إلى الله :
Kepada jalan Allah,yang menjalankan Da'wahnya.
وإلى الهدى :
Dan kepada petunjuk Allah.

في هذه الأيام:
Pada hari-hari yang tersebut tadi,yakni pada yang tersebut giliran yang sudah lalu orang yg Da'i itu terkadang tertolak,birroddisshorih dengan tolakan kita harus sabar,wabil iidjaa terkadang di halangi,disakiti,mau kita dakwahkan tidak dapat izin,tidak di bolehkan, begini dan begitu,maka ini disebutkan pada giliran yang sudah lalu di mana halnya Da'i Annashih halnya da'i yang memberikan nasehat itu terkadang ada birroddisshorih ada tolakkan yang nyata.Maka itu di zaman akhir nanti orang kaga mau diberikan penerangan agama yang begitu besar manfa'atnya untuk pembangunan  ruhani kita,untuk pembangunan mental spirituil kita.Maka dengan demikian dimana akhir zaman nanti ada roddisshorih wal idjaa,idjaa artinya gangguan- gangguan.Kalau itu sudah terjadi dimana akhir zaman nanti akan terjadi,entah sekarang barangkali sudah mulai demikian susahnya dari sini mau pidato kesana tidak boleh,dengan izin begini terkadang sama sekali tidak di bolehkan.
Kalau yang ngelarang itu ber agama islam?? Dia sudah hinakan agama islam,turun derajatnya islam yang begitu tinggi di sisi Allah swt,dosa besar,itu namanya yasudduun
'an sabilillah,kata Tuhan orang itu metutup jalanan Tuhan.
الدعاء إلى الله:
Yang menda'wahkannya kepada Allah.
فيها :
Di dalamnya.
وإلى دينه :
Kepada jalan Allah.
والحال ما وصفناه، من قبل أن يأتي زمان آخر،
Dan keadaan barang yang kami sifatkan akan dia sebelum datang zaman yang lain.

Kenapa sebelum datang yang laen???
لَا يَأْتِي زَمَانٌ إِلَّا و َبَعْدَهُ شَرٌّ مِنْهُ :
tidak datang nanti suatu zaman melainkan yang kemudiannya lebih buruk dari pada nya.Jadi terus Agama semakin kebelakang dan akhlaq semakin rusak.
Kata nabi dalam hadis yang laen:
يأتي على الناس زمان الصابر عَلَى دِينِهِ كَالقَابِضِ عَلَى الجَمْرِ :
akan datang suatu masa orang yang sabar menganut agama seperti nggegenggem bara),bara di genggem bagaimana panasnya,di lepas tidak ada bara di genggem begitu panas,lama-lama orang yang menganut agama islam takut ia macam panasnya memegang bara.

Itu mudah- mudahan jangan kita dapeti masa seperti itu,mudah-mudahan sebelah sini kita mati.Kalau sampai begitu orang muslimin ialah malu melahirkan kemuslimannya itu,takut dikatan menonjol,maka ngga berani ia.

Komentar

Popular Posts

Darkah Ya Ahlil Madinah,Ya Tarim Wa Ahlaha - دركاة يا أهل المدينة ، يا تريم و أهلها

TEXT KHUTBAH JUM'AT KH ZAINUDDIN MZ

ORANG-ORANG YANG DI CINTAI ALLAH SWT