Ngaji

Manfaatnya-persatuan

Ilmu tidak punya,harta tidak punya,persatuan tidak punya,maka jangan haraf membangun.Cukup kita di belakang,
cukup kita ketinggalan dari umat yang lain,lantaran ilmu tidak punya dan persatuan tidak ada.
INNAKUM LAYANQUSUUNAL AMROON Al ITTIHAD WAL ILM
Ada seorang pujangga berkata:
Kamu umat islam cukup banyak,tapi kurang dua perkara saja,ilmu tidak punya persatuan tidak ada.Dan kita tidak bersatu,pecah terus,rengat terus.Cukup pahit dirasakan oleh umat islam di dalam yang begini banyak jumlah nya,janganlah kita seperti غثاء كغثاء السيل gutsaaun ka gutsaaissail macem sampah buih di lautan,tidak dapat di pegang.
Mari kita bersatu,umat muslimin kalau dia bersatu seperti lidi satu,tidak ada manfa'atnya itu lidi satu,hanya manfa'atnya di patahin buat tusuk gigi,buat ngorek makanan yang nyelip digigi,itu saja manfa'atnya.Bahkan untuk bunuh satu lalatpun tidak bisa,satu lidi di patahin sambil ngantuk,bisa patah itu lidi,coba kalau banyak,200 lidi di iket cari orang yang paling kuat sekalipun tidak akan patah itu lidi,itu kekuatan bersatu.
Wa'tasimu bihablillah
Ini ada amr ada nahi,
الأمر بالاعتصام والنهي عن التفرق
Amrun bil 'itishom wanahyun anittafarruqi,
وَاعْتَصِمُوا بِحَبْلِ اللَّهِ
Amr,berpeganglah olehmu dengan tali Allah,yang di maksud dengan tali Allah,addiinulhaqq,agama yang haq itu kita pegang.Di tasybihkan subbihat diinulhaq bil khoba bi jami'i 'an tamassaka bikullinnaja.Orang yang berpegang dengan tali Allah,
 هو حبل الله الممدود من السماء إلى الأرض
agama yang haq yang di ulur,ujungnya itu di pegang oleh Allah di ulur ke dalam dunia oleh Allah,orang yang berpegang dengan tambang di waktu susah dia boleh selamat.Jadi di serupakan agama yang haq,dengan tambang,tali Allah.Siapa yang pegang tali waktu kelelep dia boleh selamat.

وَلَا تَفَرَّقُوا
Nahyun,jangan kamu bercerai berai,dalam setengah ayat ini ada amr ada nahi.Kalau umat islam amalkan ayat ini,sudahlama kita di depan bukan di belakang.
Tapi sayang umat islam begini banyaknya tidak bersatu,ribut sana,ribut sini,gontok sana gontok sini,inilah tidak bersatu,jadi lemah dan orang lain yang mengambil keuntungan.
Kalu dimana akhir zaman umat islam tidak bersatu,tidak akan bisa bangkit.

Umat islam kurang ilmu,ilmu ga punya,ilmi diin kita ga tuntut,walhal kita denger:
اطلبوا العلم من ا لمهد إلى اللحد
utlubul ilma minal mahdi ilallahdi,nuntut ilmu dari ayunan ampe lobang landak.Kita,nuntut ilmu dari kecil ampe kawin,kalo udah kawin ga mo ngaji lagi ampe tua.Kalo kita udah kawin ngaji jangan berenti,seminggu sekali kita ngaji,itu maknanya ilalahdi,jangan kita maknain sendiri,utlubul ilma minalmahdi ilal kawin,jadi kalo udah kawin ga mo ngaji lagi,nyang laki ga mo ngaji yang perempuan ga mo ngaji,ini tidak maju,terus ngaji jangan putus.
Terus menuntut ilmu,nabi bilang ilalahdi,ampe lobang landak.
Ini robah satu,jangan ampe ilalkawin.
Udah amalin yang ada ajah deh,ga ngaji lagi ga apah,udah ada.
Tidak ada orang bisa kenyang nuntut ilmu,tidak bisa kenyang kama annal ardho la tasyba minal mator,sama juga bumi tidak kenyang dengan hujan,ini hari ujan,besok kaga,besokannya lagi ujan,nanti kaga,terus masih ga kenyang- kenyangnya bumi ini terima hujan.
Itu ilmu bagi kita ini ga boleh kita bilang kenyang,satu hari tidak tambah ilmu dianggapnya tidak berkah,nyang kata nabi.
Nabi bersabda:
 إِذَا أَتَى عَلَيَّ يَوْمٌ لا أَزْدَادُ فِيهِ عِلْمًا يُقَرِّبُنِي إِلَى اللَّهِ فَلا بُورِكَ لِي فِي طُلُوعِ الشَّمْسِ ذَلِكَ الْيَوْمَ
Apabila datang satu hari,hari itu tidak tambah ilmu,jibril tidak turun bawa wahyu,yang mentaqorrubkan diriku kepada Allah.Maka hari ini dari mulai terbit matahari sampai terbenam,kosong tidak ada berkahnya.
Nabi bilang Nol apabila ini hari ilmu tidak tambah.
Kita bukan satu hari tidak ngaji,bukan satu bulan,betaon-taon kita ga mo ngaji,ga mao berkah.
Sedangkan nabi bilang berkah itu ZIYADAT KHOIR,tambah kebajikan.
Makun hari makin banyak kebaikan,makin banya akhlaq yg baik,makin banyak mengerjakan amal kebaikan,ini berkah namanya,bukan tibang tua berkah,bukan cucu banyak berkah,bukan anak banyak berkah,bukan.Belum tentu anak tidak libed kita di hari kiyamat,kalau tidak kita didik anak kita,besok dia bilang:
يا ربنا خذ لنا من حقنا منه فإنه ما علمنا ما نجهل وكان يطعمنا ونحن لا نعلم فيقتص لهم من ذالك

Ya robb,ambil haq kami dari ayah dan ibu yang celaka ini,kami dilahirkan oleh kedua orang tua kami ini,kami tidak di ajar untuk ma'rifat kepada engkau,kami tidak mau di siksa sendiri.
Ini bapak dan ibu cilaka,enak???
Anak yang kita eman-eman,anak yang kita manja,dituding kita di hadapan tuhan besok.Mana keberkahan??? Keliru kita kalo tebang anak banyak,cucu banyak berkah.
Maka dari iti di pesen kita oleh Tuhan:
يَاأَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا قُوا أَنفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَارًا
Hai orang beriman,jaga dirimu dan keluargamu dari api neraka.
Ahliikum itu:bini kita,anak kita.
Mari,mulai sekarang kita ngaji....
Ceramah KH Abdullah Syafi'i tentang Ilmu,Harta dan Persatuan.

Komentar

Popular Posts

Darkah Ya Ahlil Madinah,Ya Tarim Wa Ahlaha - دركاة يا أهل المدينة ، يا تريم و أهلها

TEXT KHUTBAH JUM'AT KH ZAINUDDIN MZ

ORANG-ORANG YANG DI CINTAI ALLAH SWT