Expresi Do'a

Robbighfirli
Robbighfirli waliwaalidayya


إِنَّ اللَّهَ عَزَّ وَجَلَّ لَيَرْفَعُ الدَّرَجَةَ لِلْعَبْدِ الصَّالِحِ فِي الْجَنَّةِ
Allah angkat seorang laki-laki dengan derajat yang tinggi,darojatirroofi'ah.
Dia kebingungan,
apa aku lagi di eleg,koq bisa masuk kesorga yang bgini tinggi?
فَيَقُولُ : يَا رَبِّ أَنَّى لِي هَذِهِ ؟
Fayaquulu anna li haadjihi,dia lagi bingung,dateng malaikat berkata fayuqoolu wafii ba'dirriwaayah:
فَيُقَالُ بِاسْتِغْفَارِ وَلَدِكَ لَكَ
fayuqoolu lahuu bistighfaari waladika laka,anak engkau yang engkau tinggal anak sholeh,dia setiap hari memohon ampun kepada Allah dari dosamu,sekarang dosamu sudah habis di gempur oleh anakmu yang sholeh,engkau masuk sorga yang demikian.
 فَيَقُولُ : بِدُعَاءِ وَلَدِكَ لَكَ
Wa fii ba'dirriwaayah bidu'aai waladika laka,dengan sebab doa anak engkau.

رب اغفر لي ولوالدي و ارحمهما كما ربياني صغيرا
Robbighfirlii waliwaalidayya warhamhuma kamaa robbayaani shoghiiroo.
Pagimana bisa anak kita baca doa kaya gitu??? Sedangkan dia sholat kaga,puasa kaga,ngaji kaga,baca buku agama kaga,bagaimana dia bisa????

Kita tinggal anak kita,kita mati.Anak kita durhaka kepada Allah,maka amal anak kita pada sore hari,malaikat dibawa ke kubur.
Haii ni anan luh ni,dalam dunia durhaka kepada Allah.

إِنَّ أَعْمَالَكُمْ تُعْرَضُ عَلَى أَقَارِبِكُمْ وَعَشَائِرِكُمْ مِنَ الأَمْوَاتِ فَإِنْ كَانَ خَيْراً اسْتَبْشَرُوا بِهِ وَإِنْ كَانَ غَيْرَ ذَلِكَ قَالُوا اللَّهُمَّ لاَ تُمِتْهُمْ حَتَّى تَهْدِيَهُمْ كَمَا هَدَيْتَنَا

Inna a'maalakun tu'rodu 'alaa aqooribikum wa 'ajaairikum minal amwaat,amal itu masuk kekubur ayah dan ibunya juga familinya,
Fa inkaanat khoiron isytabsyaruu,kalau amal anak baik bapak dan ibu yang sudah meninggal gembira sekali.Wa inkaanat khoiri djaalik,amal anak kita yang ga bener,berani maksiat-maksiat yang besar,maka malaikat bawa:Ni anak mu yang cilaka,kata malaikat kepada ibu bapa di dalem kubur.Bapak tidak bisa apa-apa,ga bisa bangun hidup lagi,kalo bisa bangkit lagi di kemplang tu anak.Melainkan dia berkata:Yaa Robbii,Allaahumna laa tumithum kamaa hadaitanaa,Yaa Allah,jangan matikan dulu anak kami,berikanlah petunjuk.
Mana mau dapet petunjuk,ga campur ama orang baik.Nabi berkata:
فاتقوا الله ولا تؤذوا موتاكم
FATTAQULLAAH WALAA TU'DJUU MAUTAAKUM,takutlah kamu kepada Allah,jangan kamu sakiti Ibu Bapakmu yang sudah mati.
Kejem betul anak waktu idupnya ga bakti kepada Ibu Bapaknya,ampe orang tuanya mati,masih ajah belum jadi orang bener.Itu terus dia sakiti Ibu Bapaknya sepanjang umur.
Mari,mari waktunya sekarang kita kembali,kesian orang tua kita,Malaikat saban sore bawa amal kita yang cilaka masuk ke dalem kubur orang tua kita.

📝
REFERENSI
مرجع :

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ: َقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَآلِهِ وَسَلَّمَ: "إِنَّ الرَّجُلَ لَتُرْفَعُ دَرَجَتُهُ فِي الْجَنَّةِ فَيَقُولُ أَنَّى لِي هَذَا فَيُقَالُ بِاسْتِغْفَارِ وَلَدِكَ لَكَ". أخرجه أحمد (2/509 ، رقم 10618) ، وابن ماجه (2/1207 ، رقم 3660) ، وصححه الألباني في " السلسلة الصحيحة " (4 / 129). قَالَ العَلّامَةُ السِّنْدِيُّ فِي "شَرْحُ سُنَنِ ابْنِ مَاجَه": (بِاسْتِغْفَارِ وَلَدِكَ) أَيْ فَيَنْبَغِي لِلْوَلَدِ أَنْ يَسْتَغْفِر لِلْوَالِدَيْنِ. انْتَهَى كَلَامُهُ رَحِمَهُ الله. اللَّهُمَّ  اغْفِرْ لِي وَلِوَالِدَيَّ، رَبِّ ارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِي صَغِيرًا.

Komentar

Popular Posts

Darkah Ya Ahlil Madinah,Ya Tarim Wa Ahlaha - دركاة يا أهل المدينة ، يا تريم و أهلها

TEXT KHUTBAH JUM'AT KH ZAINUDDIN MZ

ORANG-ORANG YANG DI CINTAI ALLAH SWT