Isro Mi'roj Nabi Muhammad Shollallahu 'Alaihi Wasallam



Tentang kebesaran maqom Nabi Muhammad yang di Isro'kan dan di Mi'rojkan oleh AllAh swt,sampai naik tujuh lapis langit,terus sampai ke Mustawa,ke sidrotul muntaha,terus naik lagi sampai
dengar suara qolam di lauhil mahfudz,disana nabi kita munajat,menerima kefardhuan sholat lima waktu yang saat ini alhamdulillah kita jadi orang yang mendirikan sembahyang.Kita jaga ini perintah sembahyang  حافظ على الصلوات Haafidzu alasholawaat.Semoga kita diberikan Taufiq dan Hidayah menjadi orang yang senantiasa mendirikan sembahyang sampai Akhir hayat.
Sebab,kalau kita berhenti sembah yang atawa pontang-pontang,ntar sembahyang besok kaga,ini besok membikin rusak semua amal kita.Sebab yang paling pertama dihari qiyamat di tanya sembahyang,karena sembahyang di fardhukannya di langit,yang lain-lain di fardhukannya di dunia,jadi..,lebih daripada yang lain daripada lima rukun islam yang paling tinggi sekali yaitulah sembahyang.
Dia menjadi yang pertama ditanya besok di hari qiyamat.

Nabi bawa dari atas langit bukanya oleh-oleh,tapi AMANAT DARI ALLAH,kalo oleh-oleh boleh bawa boleh tidak,karena ga penting oleh-oleh.Kalau ada orang dalam pidato dia katakan bahwa Nabi Muhammad Mi'roj oleh-olehnya sembahyang,kurang pantas dan tidak tepat kalo dikatakan oleh-oleh.Sama juga kita ke Batu Jaya,oleh-olehnya bawa singkong ama timun suri,itu boleh beli boleh tidak,kalo ribed bawanya kita ga beli.
Maka dengan demikian,kurang tepat pidato kita,kita katakan oleh-oleh,tidak.
Amanat dari Allah dengan mandat penuh dari Allah kepada Nabi,untuk di sampaikan kepada umatnya.

خَمْسُ صَلَوَاتٍ كَتَبَهُنَّ اللَّهُ عَلَى الْعِبَادِ

Khomsu sholawaatin katabahunnallah 'alal'ibaad,
Lima fardhu sembahyang,difardhukan oleh Allah atas hambanya.
Bukannya oleh-oleh,sekali lagi kita katakan bukan oleh-oleh,tapi amanat dari Allah yaitulah sembahyang.
Yang paling pertama besok dihari qiyamat bangun dari didalem qubur yang di tanya sembahyang,bukan puasa,bukannya haji tapi sembahyang fardhu.
Nabi bersabda:

أَوَّل ما يُحَاسَبُ بهِ العبدُ يومَ القيامةِ الصلاة، فإنْ صَلحَتْ صَلحَ سَائِرُ عَمَلِهِ، وإِنْ فسَدَتْ فَسَدَ سَائِرُ عَمَلِهِ

Qoola Rosulullah saw,awwalu maa yuhaasabu bihil ardu yaumalqiyamati assholatu,fa insholahat sholaha saairu 'amalih,wa in fasadat fasada saairu 'amalih.
Paling pertama amal yang dihisab,bangun dari qubur ditanya dihari qiyamat Sembahyang,itu yang pertama malaikat tanya sembahyang apa kaga?
Kalo baik sholat kita,udah cukup,yang lain mudah di terima.Dan jika rusak,ntar sembahyang ntar kaga,lagi enak sembahyang lagi kesel ga sembahyang,lagi kondangan ga sempet sembahyang,lagi pelesiran kaga sembahyang,lantas fasada saairu amalih,rusaklah semua 'amal yang lain,itulah نوقش الحساب nuqisyal hisab.
Siapa yang di adakan مناقشة MUNAQOSYAH didalam hisab Halak,celaka orang itu.
من نوقش الحساب فقد هلك
Man nuqqisyal hisaab faqod halak,
Siapa yang diadakan munaqqosyah didalam hisab,ditanya:

لماكذا، لماذ تفعل كذا،لماذ كذا

Limaa kadjaa? Limaa fa'alta kadjaa? Limaadja kadjaa?
Kalo itu ditanya di hari qiyamat,dihisab satu-satu 'amal pasti orang itu binasa dan masuk neraka.
Maka supaya jangan ada munaqqosyah di dalam 'amal maka rapihin sembahyang ini,wudhunya biar bener,jangan ape ada ngaku islam sembahyang kaga.
Sebab kita nih kalo mati di sembahyangin,biar kita ga sembahyang,Bini kita tuh ga sampe ati rupanya,kalo kita kaya kambing mati,dikuburin kaya kambing dimasukin ke dalem lobang,di bacain kaga,dimacem-macemin kaga,di aji'in kaga,di sembahyangin kaga,kaya kambing matinya.Bini kita,sudara kita dan tetangga kita kaga sampe ati,biar dia ga sembahyang,emang kaga doyan sembahyang,jadi apa boleh buat disembahyangin juga,satu dua tiga orang yang nyembahyangin,bawaannya orang males nyembahyangin orang yang kaga sembahyang,biar di bayar ge kaga mau nyembahyangin.
Tapi kalo orang baik,siapapun yang denger mau ikut nyembahyangin,mengapa??? Yang nyembahyangin orang yang dapet ampunan,yang nyebahyangin juga dapet ampunan.
Nabi bersabda:

من صلي على مغفور غفر له

Man sholla 'alaa maghfurin,ghufiro lah.Siapa orang yang nyembahyangin mayit yang dapet ampunan,orang yang nyembahyangin bepuluh-puluh,beratus-ratus,diampunin semua dosanya berkat mayit yang dapet ampunan,أو كما قال عليه الصلاه والسلام
Aw kamaa qoolannabiyyu sollallahu 'alaihi wasallam.
Jadi,orang tu dari mana-mana kalo ada orang baik mati,dateng nyembahyangin,kaga pake diundang,
Kada pake di bayar dia dateng sendiri,kenapa??? Karena yang dorong dia imannya.Karena orang yang kita sembahyangin ini orang baik,jadi kalo orang baik kita sembahyangin,dosa kita yang nyembayangin abis,berkat mayit yang dapet ampunan.
Man sholla 'alaa maghfurin ghufiro lah,siapa orang yang sembahyang dimana mayat yang dapet ampunan orang yang nyembayangin mendapat ampunan.ورد في الخبر او الأثر
Waroda fil khobar awil atsar.

Ada orang yang segen kita sembahyangin,bedua,betiga yang sembahyangin,kadang yang nyembahyangin yang mandiinnya azah,atau lebenya doang,kenapa begitu??? Kenapa yang deket tetangga ga nyembahyangin??? Dia ga sembahyang.Sebab yang di sembahyangin ga doyan sembahyang,orang-orang sembahyang dia kaga,bukan dia yang ga mo disembahyangin,rupanya qiblat yang ga mao ngadepin dia.
Jadi kalo ada orang ga doyan sembahyang mati,di sembahyangin MELESET,jerit-jerit dia di kurung batangnya ga mao di sembahyangin.
Ibarat orang yang ga doyan daging kambing,nyium baunya ajah muntah dia.
Jadi jangan kita ga sembahyang,kita orang islam,kemudian nanti di sembahyangin jadi begitu tuh,bagaimana nanti,coba ajah fikirin.
Barang yang kita ga doyan,kita tolak,kalo kita makan muntah.Orang yang ga doyan sembahyang,di sembahyangin meleset tu do'a.
Maka dengan demikian,nabi yang katakan:
awwalu maa yuhaasabu bihil ardu yaumalqiyamati assholatu,fa insholahat sholaha saairu 'amalih,wa in fasadat fasada saairu 'amalih.
Yang paling pertama dihisab,bangun dari qubur dihari qiyamat,sembahyang kita,sebelumnya sedekah kita,zakat kita,puasa kita,haji kita,apa ajah belakangan,paling dulu sembahyang.
Fa insholahat,kalo cukup beres sholatnya,Sholaha saairu 'amalih,semuanya beres,patut diterima semua amalnya.
Yang laen tinggal ngikutin aja deh,ga berat lagi diterimanya.Karena yang pertama ini bungasnya,namanya bungas tuh yang paling atas,yang paling gede dan bagus,orang dagang mangga yang gede-gede diatas,dagang apapun atasnya,bungasnya yang paling bagus.Kalo bungasnya bagus yang laen dibawah diterima juga.Kontet-kontet dikit diterima,kya ketimun sepikul,bagus-bagus yang diatas,tapi dibawah ada juga yang kecil-kecil,nah begitu ibaratnya.Jadi kalo diatas bengkok,yang dibawah apalagi???
Jadi mikin kebawah mikin berat,namanya nuqqishol hisaab,diadakan munaqqosyah dalam hisab halak kita,kalo kita dihisab dengan teliti.Kita kepengen Hisaaban Yasiiro,baru diperiksa perkara sembahyang,beres.Yang laen di tindihin ajah dah beres,itu maknanya hisaaban yasiiro.Begitu kelenggor kesalahan kita,ampun,dosa dikit ampun,lantaran apa? Lantaran yang pertama sembahyang beres.
Kalo hisaaban yang kaga yasiiro,di munakasahkan satu persatu diteliti,man nuqqisyal hisaab faqod halak,kata nabi,siapa yang di ajak munaqqosyah dalam hisaab pasti binasa masuk neraka.Karena berat,ditanya satu-satu,limadja kadjaa,limaadja taf'al kadjaa,limaadja kadjaa wakadjaa...,aduh bagaimana menghadap malaikat besok,karena itu sembahyang biar beres.
Jadi katanya,kalau dia rusak,orang-orang sembahyang dia kaga,orang kita tau sembahyang wajib,kalo kita kata ga wajib jadi murtad kita keluar dari agama.
Wa in fasadat fasada saairu 'amalih,kalau dia rusak,sembahyang kita ini,calang cepun,pontang,ntar sembahyang ntar kaga,amal yang laen jadi rusak semua.
Maka dari itu,mari kita rapihin sembahyang kita,wudhu kita,mudah-mudahan kita dihisab nanti dengan حسابا يسيرا hisaaban yasiro,hisab yang mudah,jangan ampe atu-atu.
Semoga kita di anugerahi Tsufiq dan hidayah untuk mengerjakan sembahyang sampai akhir hayat kita.

Inilah yang dapat saya sampaikan,menyambut bulan Rojab,karena bulan Rojab bulan Isro Mi'roj karena daripadanya di fardhukan sembahyang.
Demikianlah,semoga bermanfa'at.
Aamiin yaa robbal 'aalamiin.

Komentar

Popular Posts

Darkah Ya Ahlil Madinah,Ya Tarim Wa Ahlaha - دركاة يا أهل المدينة ، يا تريم و أهلها

TEXT KHUTBAH JUM'AT KH ZAINUDDIN MZ

ORANG-ORANG YANG DI CINTAI ALLAH SWT