Sepuluh Mutiara Yang Akan Diangkat Oleh Jibril

                 بِسمِ اللَّهِ الرَّحمٰنِ الرَّحيمِ

رُوِىَ أَنَّ جِبْرِيْلَ عَلَيْهِ السَّلاَمُ نَزَلَ عَلَى النَّبِىِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فىِ مَرَضِ مَوْتِهِ فَقاَلَ ياَجِبْرِيْلُ هَلْ تَنْزِلُ مِنْ
بَعْدِى ,فَقاَلَ نَعَمْ ياَرَسُوْلَ اللهِ أَنْزِلُ عَشْرَ مَرَّاتٍ أَرْفَعُ العَشْرَ الجَواَهِرِ مِنَ الأَرْضِ قاَلَ ياَ جِبْرَيْلُ وَماَتَرْفَعُ مِنْهاَ ,قاَلَ , (الأَوَّلُ) أَرْفَعُ البَرَكَةَ مِنَ الأَرْضِ (وَالثَّانىِ)  أَرْفَعُ المَحَبَّةَ مِنْ قُلُوْبِ الخَلْقِ (وَالثَّالِثُ) أَرْفَعُ الشُّفْقَةَ  مِنْ قُلُوْبِ الأَقاَرِبِ (وَالرَّابِعُ) أَرْفَعُ العَدْلَ مِنَ الأُمَراَءِ (وَالخاَمِسُ) أَرْفَعُ الحَياَءَ مِنَ النِّساَءِ (وَالسَّادِسُ) أَرْفَعُ الصَّبْرَ مِنَ الفُقَراَءِ (وَالسَّابِعُ) أَرْفَعُ الوَرَعَ وَالزُهْدَ مِنَ العُلَماَءِ (وَالثَّامِنُ) أَرْفَعُ السَّخاَءَ مِنَ الأَغْنِياَءِ (وَالتَّاسِعُ) أَرْفَعُ القُرْآنَ (وَالعاَشِرُ) أَرْفَعُ الإِيْماَنَ


Ketika Rasulullah dalam keadaan sakit yang menghantarkan beliau wafat, malaikat Jibril datang menemuinya. Setelah berbincang sejenak Rasulullah bertanya kepada Jibril “Jibril,apakah kamu nanti masih akan sering turun ke bumi ketika aku sudah meninggal..??? Jibril menjawab “masih Rasul,saya akan turun sepuluh kali lagi ke bumi, saya turun untuk mengambil sepuluh mutiara dari bumi ini sepeninggalmu”.
Rasulullah pun penasaran,lalu bertanya kembali “mutiara macam apa yg igin kau ambil itu..? jibril menjawab:

الأَوَّلُ) أَرْفَعُ البَرَكَةَ مِنَ الأَرْض)

Mutiara pertama yang akan Aku ambil dari sebagian di muka bumi adalah Berkah.

Para kyai biasa memaknai berkah dengan ziyadatul khair.Yg secara bahasa dapat diartikan ‘tambah kebaikan'. Artinya,sesuatu itu dianggap memiliki keberkahan jika memang dapat melahirkan kebaikan yang lain.Namun lihatlah sekarang,apakah di bumi ini sudah kehilangan berkah,sehingga musibah terjadi di mana-mana gempa bumi,tsunami,tanah longsor dll.
Apakah malaikat jibril sudah turun yg pertama kalinya???

وَالثَّانىِ) أَرْفَعُ المَحَبَّةَ مِنْ قُلُوْبِ الخَلْقِ)

Yang kedua,Aku akan ambil rasa cinta dari sebagian hatinya makhluk.

Jika demikian,yang tertinggal hanya rasa benci.tidak hanya rasa cinta sesama manusia saja,tapi rasa cinta sesama makhluk,dulu saya pada waktu kecil ketika keluar dipagi hari,suara burung apa yg gak ada,burung-burung berkicauan di mana-mana tapi sekarang sudah mulai punah,karena tidak ada rasa cinta dari manusia malah burung jadi bahan buruan.


وَالثَّالِثُ) أَرْفَعُ الشُّفْقَةَ مِنْ قُلُوْبِ الأَقاَرِبِ)

Yang ketiga saya akan mengambil kasih sayang dari sebagian hatinya para kerabat.

Jikalau harimau tidak akan memangsa anaknya sendiri,tetapi sering kali kita temukan anak dan orang tua saling membunuh,bahkan seorang ibu tega menjual bayinya. Atau bahkan seorang anak menjual bapaknya.Bahkan dalam dunia politik berapa saudara yang telah berubah menjadi musuh Sepertinya rasa sayang antar keluarga semakin menipis.Namun demikian semoga Allah tetap melindungi kita semua Apakah malaikat jibril sudah turun yg ketiga???

وَالرَّابِعُ) أَرْفَعُ العَدْلَ مِنَ الأُمَراَءِ)

Yang ke-empat,Aku akan ambil rasa adil dari sebagian para pemimpin.

Sepertinya mengenai hal ini kita bersama telah pandai menilai.Apakah kekuasaan di sekitar kita masih mengandung keadilan? Dapatkah disebut ke adilan jika terjadi tebang pilih dalam penegakan hukum Orang mencuri ayam di penjara tahunan,
tapi orang yg mencuri uang rakyat, masih diluar tertawa terbahak, walaupun di penjara,namun tak sama dengan kerangking pencuri ayam....Na’udzubillah min dzalik...

وَالخاَمِسُ) أَرْفَعُ الحَياَءَ مِنَ النِّساَءِ)

Yang kelima,Aku akan ambil rasa malu dari sebagian perempuan.

Rasa malu itu kini telah dirubah menjadi rasa bangga.Bangga menjadi perempuan  murahan,mereka bangga dengan keterbukaan auratnya dst,

وَالسَّادِسُ) أَرْفَعُ الصَّبْرَ مِنَ الفُقَراَءِ)

Yang ke enam,Aku akan ambil kesabaran dari sebagian orang-orang fakir.

Perlu diakui bahwa factor yang mengondisikan negara miskin dan berkembang tetap aman dan tertata adalah kesabaran para fakir dalam menerima bagian mereka.Namun, ketika golongan fakir miskin ini tidak sabar dengan nasib mereka,maka kesenjangan sosial bisa berubah menjadi kekacauan fisik.Inilah yang tergambar dalam prosesi premanisme di berbagai kota, Sering kita jumpai orang2 fakir berkata : " mencariyg haram saja sulit apa lagi yg halal"  kalau sudah berkata sperti ini,sudah alamt terjerumus dalam jurang kehinaan Karena hilangnya kesabaran, akan menganggap jalan pintas menuju kaya,sudah di anggap pantas. Apakah malaikat jibril sudah turun yg keenam kalinya???

وَالسَّابِعُ) أَرْفَعُ الوَرَعَ وَالزُهْدَ مِنَ العُلَماَءِ)

Yang ketujuh,Aku akan ambil sifat waro' dan zuhud dari sebagian para ulama.

Wira’i adalah menjaga diri dari yg syuhbat dan yang haram,sedangkan zuhud itu tidak mementingkan harta-dunia,keduanya merupakan karakter para ulama.Akan tetapi jika wira’i dan zuhud telah hilang dari ulama maka nilai keulamannyapun mulai berkurang.Nampaknya inilah yang terjadi pada ulama kita.Wajarlah jika akhir-akhir ini berbagai fatwa mereka tidak di dengar lagi oleh masyarakat. Pengajian-pengajiannya hanya dianggap sebagai tontonan.


وَالثَّامِنُ) أَرْفَعُ السَّخاَءَ مِنَ الأَغْنِياَءِ)

Yang kedelapan,Aku akan ambil sifat kedermawanan dari sebagian orang-orang kaya.

Diantara unsur yg dapat melanggengkan sirkulasi kehidupan ekonomi dan sosial di suatu masyarakat adalah kesabaran fakir dan kedermawanan orang kaya. Keduanya akan saling mengisi. Namun jikalau semua itu lenyap, maka harmonisme dalam satu masyarakat dapat hilang tergantikan dengan unharmonism. Kedermawanan orang kaya sudah jarang kita temui tidak pernah zakat, cuman cukup zakat fitrah saja sementara orang miskin diluar mengharapkan bantuan mereka mangertoso,orang miskin itu adalah sebuah tiket tuk menuju syurga. syurga bukan untuk orang2 yg pelit,tapi untuk orang yg dermawan Dari kedelapan diatas,sudah mnjadi potret akhir zaman semua sudah kita alami.
Tinggal 2 belum terjadi kalau di atas masih menggunakan lafadz ( مِنَ ) huruf jar yg bermakna TAB'IDHIYYAH yg bermakna SEBAGIAN, namun yg dua ini,tidak pakai MIN TAB'IDIYAH, tapi semuanya,apa yg ke dua itu, yaitu :

وَالتَّاسِعُ) أَرْفَعُ القُرْآنَ)

yang ke sembilan,Aku akan angkat al-Qur’an.

Di sini,bukan berrti malaikat jibril naik helikopter terus turun di setiap depan masjid & musholla terus mengambil alqur'an,bukan seperti itu,tepatnya menghilangkan ruh al-Qur’an itu sendiri sebagai tuntunan dalam kehidupan.Memang, kemajuan teknologi kini makin mempermudah telinga kita mendengarkan lantunan ayat-ayat al-Qur’an melalui mp3,DVD, online bahkan juga tafsirnya pun dapat diperoleh dengan mudah pula. Akan tetapi semangat qur’an itu sendiri sekarang makin pudar bersama dengan makin mudahnya mendengarkan al-qur’an.Meski demikian kita harus tetap berusaha memohon kepada Allah Yang Maha Kuasa agar Jibril tidak mengambil mutiara ini.

العاَشِرُ) أَرْفَعُ الإِيْماَنَ)

Yang kesepuluh,Aku akan angkat iman.

mungkin ini adalah mutiara paling berharga diantara sembilan mutiara lainnya.Atau bisa saja ini adalah urutan mutiara yg paling akhir yg akan diambil oleh Jibril. Sebagaimana struktur teks hadits ini yang memposisikannya paling belakang. Iman itu ada di hati semoga Allah menetapkannya dalam hati kita masing-masing.Kalau sudah iman di angkat,hancurlah dunia beserta isinya hancur sehancur-hancurnya.

Semoga kita di berikan kekuatan iman di dunya dan akhirat.
Intan paling mahal,mutiara paling berharga adalah IMAN,jaga baik-baik,wariskan pada anak-anak kita.
Biarkan zaman berubah aqidah jangan goyah,biarkan masa berganti keyaqinan jangan mati.
Karena iman kita hidup,untuk iman kita berjuang,dalam iman kita ingin kembali menghadap Allah subhaanahu wata'ala.....

والله الموافق الى اقوام الطارق

SEMOGA BERMANFAAT...
Aamiin yaa robbal 'aalamiin.

Komentar

Popular Posts

Darkah Ya Ahlil Madinah,Ya Tarim Wa Ahlaha - دركاة يا أهل المدينة ، يا تريم و أهلها

TEXT KHUTBAH JUM'AT KH ZAINUDDIN MZ

ORANG-ORANG YANG DI CINTAI ALLAH SWT