BERKURANGNYA UMUR DAN BERTAMBAHNYA USIA


Seiring berjalannya waktu,hari demi hari,waktu demi waktu,tidak terasa banyak sekali perubahan di dalam diri yang tanpa di sadari,masing-masing memberikan peringatan
agar kita tidak lupa dan lalai.Dengan berkurangnya umur dan bertambahnya usia.
William Shakespeare pernah talking-talking about life atau kongkow-kongkow alias ngobrol-ngobrol sebentar tentang kehidupan,ketika berada didalam pesawat menuju perjalanan pulang dari Inggris ke Batujaya-Karawang.
Beliau berkata kepada saya bahwa:
THE TIME OF LIFE IS SHORT
(waktu hidup itu singkat pake bangetz)
Namun waktu yg singkat akan terasa ada manfa'atnya kalau kita bisa memanfa'akannya dg yg sebaik-baiknya.

Diawal bulan Mei ini tak terasa 36 tahun tahun sudah perjalanan umur kehidupan telah terlewati.Saya tida tahu kapan dan tanggal berapa yang pasti saya dilahirkan sebab saya perhatikan dirumah dulu sepertinya tidak ada kalender yang tergantung di dinding,mungkin menurut orang tua saya tidak terlalu penting.Yang penting lahir saja dulu,mau ulang tahunnya kapan tidak masalah.

'Alaa kulli hal,tidak masalah saya lahir tanggal berapa,Alhamdulillah saya sudah terlahir kedunia ini.Jadi mau ulang tahun berapa kali tidak masalah.

Pada tahun ini 2017 genap usia saya (36) Tiga puluh enam tahun.
Saya ingin merenung sejenak,introspeksi dan flash back untuk sesuatu yang lebih bermanfaat disisa umur ini.
Dari sejak dilahirkan kedunia sampai usia baligh,didalam kitab SAFINATUN NAJAH:
فَصْلٌ : عَلاَمَاتُ الْبُلُوْغِ ثَلاَثٌ
تَمَامُ خَمْسَ عَشْرَةَ سَنَةً فِيْ الذَّكّرِ وَالأُنْثَى
وَالاحْتِلاَمُ فِيْ الذَّكَرِ وَالأُنْثَى لِتِسْعِ سِنِيْنَ
وَالْحَيْضُ فِيْ الأُنْثَى لِتِسْعِ سِنِيْنَ

[Pasal] Tanda-tanda baligh itu ada 3 :  
  • 1].Genap berusia 15 tahun HIJRIYAH bagi laki-laki maupun perempuan        
  • 2].Mimpi basah, baik bagi laki-laki maupun perempuan 
  • 3].Haid bagi perempuan yang telah berumur 9 tahun HIJRIYAH.

Secara mathematic,rumus satuan waktu jika Dalam 1 Jam = 60 Menit, 1 Menit = 60 Detik, 1 Jam = 3600 Detik

1 Tahun = 12 bulan, 52 Minggu, 365 hari, 8.760 jam, 525.600 menit dan  31.536.000 detik.

Andaikata saya lahir pada tahun 1981,sekarang tahun 2017 berarti umur saya saat  ini 36 Tahun.

36 Tahun - 15 Tahun usia baligh = 21 Tahun.

Oh,'amal apa saja yang sudah diri ini kerjakan?????.Dari awal baligh sampai tahun ini,berarti 21 tahun sudah saya lalui kehidupan ini.

Sekarang secara umum jika kita mau hitung waktu yang ada tersisa bagi kita semua untuk beribadah kepada Allah.
Kita gunakan rumus sederhana ini:
umur rata-rata kematian - awal baligh.

أعمار أمتي ما بين الستين والسبعين
Umur rata-rata umat Nabi Muhammad antara 60 dan 70,rontok.
Jika rata-rata umur seseorang meninggal pada usia 65 tahun dikurang 15 tahun saat awal baligh maka waktu yang tersisa adalah 50 tahun.Amal dan Ibadah apasaja yang sudah kita kerjakan selama 50 tahun???

Kemudian kita kalikan lagi angka 50 tahun dengan 365 hari/tahunnya maka diperoleh angka 18.250 hari. Nah angka 18.250 hari ini dikurang dengan waktu tidur kita selama 8 jam anggap saja. Maka 18.250 hari dikali dengan 8 jam = 146.000 jam atau sekitar 16 tahun lebih 7 bulan atau kita bulatkan menjadi 17 tahun.

Jadi dalam rentang waktu kita mulai baligh di usia 15 tahun sampai usia kita meninggal di 65 tahun, ada waktu 17 tahun yang hanya digunakan untuk tidur saja. Angka ini belum ditambah dengan jumlah jam yang sering kita pakai pula untuk tidur siang misalnya. 
Subhanallah


Dalam 50 tahun waktu hidup kita pasca baligh yang habis dipakai aktivitas adalah 18.250 hari x 12 jam (yaitu waktu di mana siang hari biasanya kita kerja, sekolah, kuliah, berdagang, memasak dan sebagainya) maka diperoleh angka 219.000 Jam atau = 25 tahun

Belum lagi dikurangi dengan waktu kita yang biasanya digunakan untuk bersantai, istirahat sambil menonton televisi, bercanda sesama teman dan sejenisnya plus minus 4 jam.

Maka total dalam 50 tahun waktu yang dipakai untuk rileksasi tadi adalah 18.250 hari x 4 jam= 73.000 Jam atau selama  8 tahun.

Walhasil, selama 50 tahun masa hidup kita pasca baligh, ada angka 17 tahun lamanya kita tidur  + 25 tahun untuk beraktivitas di siang hari + 8 tahun untuk sekedar rileksasi dan mencari hiburan diperolehlah angka 50 tahun.

Jadi umur kita 50 tahun setelah dipotong masa baligh impas saja. Lalu jika usia 50 tahun ini tidak diisi dengan banyak hal yang positif, hal-hal yang bersifat ibadah pada Allah, maka manusia benar-benar berada dalam kerugian seperti firman Allah di dalam surat Al-Ashr.
Karena kalau manusia sudah umur 40-50 belum juga menang kebajikannya dengan kejahatannya,maka itu ada syaithon usap dia punya mukanya,na'udzu billah...,
Tidak ketauan bila dia usap orang umur 40 50,masih kaya bocah belum mau kembali,itu syetan usap mukanya dengan katanya: بأبى وجه هذ لا يفلح
Bi abi wajhin haadja laa yaflahu: muka yang congorannya kaya begini,ga bakal beruntung,sialan muka yang sudah di usap sama syaithon ga mo sujud kepada Allah.

Walakin akan tetapi 

1 hari di akhirat = 1000 tahun

24 jam di akhirat = 1000 tahun

3 jam di akhirat(1/8 hari) = 125 tahun

1,5 jam di akhirat = 62,5 tahun

Umur Rasulullah SAW adalah 63 tahun.Apabila umur manusia kira-kira 60-70 tahun, maka hidup manusia ini jika dilihat dari langit seakan-akan hanyalah 1,5 jam saja. Pantaslah kita selalu diingatkan masalah waktu.Ternyata hanya satu setengah jam saja yang akan menentukan kehidupan abadi kita kelak. Mau di surga atau neraka.

Demikianlah,semoga kita semua selalu memperhatikan waktu,rugi kita kalau disisa umur ini tidak ada amal kebaikan yang bermanfaat bagi diri kita untuk bekal akhirat.


Komentar

Popular Posts

Darkah Ya Ahlil Madinah,Ya Tarim Wa Ahlaha - دركاة يا أهل المدينة ، يا تريم و أهلها

TEXT KHUTBAH JUM'AT KH ZAINUDDIN MZ

ORANG-ORANG YANG DI CINTAI ALLAH SWT