Romadhon adalah Madrosah

Ramadhan-sekolah-kehidupan
Madrosah Romadhon


Romadhon adalah Madrosah,

Sekolah,tempat dimana kita banyak sekali belajar tentang hidup dan kehidupan,supaya kita lebih siap
menghadapi hidup,supaya kita punya wawasan,supaya kita mampu melihat persoalan jauh kedepan,supaya kita tidak terjebak pada keuntungan sesaat tapi merugikan jangka panjang.

Pada kesempatan ini marilah kita melihat kurikulum Romadhon?
Pelajaran apa yg diberikannya kepada kita?

  • Pertama,Romadhon mengajarkan kita menjadi orang-orang yang SABAR,ULET&TAHAN UJI.

Ini Zaman dimana persaingan tajam,BETULLL???
Jangankan jadi pejabat tinggi,jangankan jadi pengusaha skarang ini,jadi Kiyai saja kalo tidak sanggup bersaing???...
Ini bahasa kasar tapi jujur...,
Karena orang skarang hidup dizaman banyak pilihan,akibat persaingan yang semakin tajam orang sering kehilangan KESABARAN.
Kepengen cepat kaya,lalu tdk sabar...,MAKAN RENTEN,NIPU ORANG,BUKA PETERNAKAN TUYUL,KORUPSI...
Sekarang ini khan lagi santer kasus-kasus korupsi..............................,
Tentu saja kita prihatin,karena kita tau ekonomi kita sedang sulit.,,hutang melilit leher tetapi pada sisi lain kita melihat enak saja uang mengalir puluhan miliar untuk sesuatu yg tidak terkait dg kepentingan rakyat..."
Karena itu PUASA mendidik kita SABAR,,,Biar lapar melilit perut,biar haus mencekik tenggorokan,,,Kalo magrib belum datang,jangan sentuh makanan,jangan ambil minuman,,,SABAR...! BETUL???
Ada waktunya,,,lalu lintas itu macet karena kendaraan besar tidak mau ngalah,kendaraan kecil tidak tau diri...,BETUL ???
Antrian dipasar kacau karena yg sudah dapat ngga' mau minggir,yg dibelakang dorong-dorong...,BETUL ???
Dimanapun antrian kacau BUNG...! Karena yg sudah dapat mau dapat lagi,yg nunggu kelamaan...,akhirnya dorong-dorongan,KACAULAH KEHIDUPAN SOSIAL.
Puasa melatih kita sabar,karena sebagai bangsa...,kita punya latar belakang sejarah,KITA INI BANGSA YANG DITEMPA OLEH SEGALA MACAM KESULITAN,kita...,350tahun dijajah belanda,,,sulit....,setelah merdeka kita dirong-rong oleh berbagai macam pemberontakan,,,susah....,
Lalu PKI berontak,susah lagi....,
Lalu berdiri ORDE BARU,lama lama...,susah lagi....,
orde baru selesai,muncul REFORMASI,masih susah juga...,
kita bangsa yg ditempa oleh kesulitan,bangsa yg tahan bantingan,bukan bangsa yg cengeng...!
Karena itu mari kita menjadi diri kita...!
KITA AKAN GAGAL KALAU KITA MAU JADI ORANG LAIN,KITA AKAN GAGAL KALAU HIDUP DIBAWAH BAYANG-BAYANG ORANG LAIN...!
JADILAH KITA DIRI KITA SENDIRI.
SABAR,ULET&TAHAN UJI,inilah kurikulum pertama dari pelaksanaan ibadah puasa,sehingga dengan dibekali oleh sifat sabar kita bisa mengendalikan diri.
Manusia hebatnya ya???
Ayo kita banding-bandingkan MALAIKAT,BINATANG,MANUSIA....,
MALAIKAT tdk diberi nafsu hanya diberi akal,kalau malaikat tidk pernah salah...,wajar.
Jibril ga' pernah korupsi ayat,,,"ah ini ada ayat bagus,saya pake sendiri ajah ini"...Tidak.
MalaikalMaut,ga' pernah salah adress mencabut nyawa orang yg belum waktunya mati..,ga' pernah???
Dan itu wajar,Malaikat makluq tanpa alternatif..,secara INSTINKTIF dia diciptakan untuk ta'at.
Sebaliknya binatang,diberi otak tapi tidak diberi aqal.Binatang hanya diberi nafsu...,kalau binatang tiap hari salah...,wajar !
Ayam,kalau sudah dateng syahwatnya...,tidak usah menoleh ini banyak orang apa tidak..." BETUL ???
Kuda,keliling kota ga' pake celana tenang saja...,BETUL ???
Dan wajar namanya juga binatang.
Sedangkan MANUSIA diberikan aqal dan diberikan nafsu,tiap hari terjadi perjuangan..,kadang aqal yg menang kadang nafsu yg menang.
Ketika akal menang,kita lebih tinggi dari Malaikat,ketika nafsu yg menang kita lebih rendah dari binatang.
Saudaraku...,itu pelajaran pertama..,SABAR,ULET & TAHAN UJI.
Lalu pelajaran yg kedua........

  • Lalu pelajaran kedua melahirkan sifat ISTIQOMAH.


Punya stabilitas temperatur Bathin,,istlh sekarang.
Soal istiqomah ini saya tidak akan menjelaskan pengertianya,saya mau cerita saja...
Dalam suatu pertempuran..,Jendral Sholahudin Al 'Ayubi bersama tentaranya...,tentara Islam..,pernah mengalami kekalahan.
Karena kalah,banyak yang ditahan jadi tawanan orang-orang kafir.
Beberapa perwira dan banyak opsir,tercatatlah ada tiga orang opsir yang jadi tawanan Raja Kafir ini.
Suatu hari Raja kafir musyawarah dengan Perdana Meterinya..,
Perdana Menteri??? Saya Tuan Raja,Ini twnan islm enkx diapain? Kalau enkx sihh dibunuh aja Tuan Raja,selesai urusan.....
Ahh,,soal bunuh sihh gampang Perdana menteri,mksd Tuan Raja?Bujuk saja agar dia meninggalkan Islamnya ikut keagama kita.Nanti kita kasih hadiah..,, begitu? Iya, Baiklah,besok kita sidang tiga-tiganya... Besoknya ini tiga opsir disidang ditempat terbuka langsung oleh Perdana Menteri.
Mula-mula dipanggil opsir pertama..,,'
opsir pertama.. Ya Perdana Menteri..? Sini,baik,,
kamu tau kamu siapa? Tau?
Siapa kamu? Tawanan,,
Yaa kalo tawanan bisa diatur kan??
Diatur bagaimana? Kamu mau ga' ik0t saya bersama Tuan Raja,meninggalkan Islam Agamamu? Mengkhianati saudra-saudaramu sebangsa setanah air sekeyakinan? Ikut dengan saya,meninggalkan Islam..,nanti kamu saya akan angkat jadi pejabat tinggi..,gaji cukup,rumah cukup,kendaran cukup,istri......,cukup,,,tapi kalo kamu menolak,kamu akan saya BUNUHHH !
ehehhh,Tuan Perdana Menteri?? Yaa..., apa anda menyangka selama ini saya berjuang kepengen kedudukan yang tinggi?? nehi..., TUAN MENYANGKA SAYA BERJUANG INI KARENA KEPENGEN HARTA YG BANYAK,JAMINAN HARI DEPAN YG MEMADAI..,Tidak Tuan Perdana Menteri...'
SAYA TINGGALKAN KELUARGA KAMPUNG HALAMAN,SANAK FAMILI,HANDAI TAULAN,
SAYA JIHAD KARENA MENGHARAF RIDHO ALLAH SWT.
euhhh,, tapi kamu sekarang tawanan kan??? itu resiko perjuangan..!
Kamu tidak mau meninggalkan islam? Tidakkk..KAMU AKAN SAYA BUNUHHH ! silahkan?
Kamu tdk tkt mati? Tidak, Kamu berani??? Dari kemaren...,Apa dikira baru sekarang saya berani???"
Tuan Perdana Menteri.., Saya berharaf saat-saat seperti ini bisa saya temukan.., ibadah saya sedikit,sholat saya kurang,puasa saya kurang,BARANGKALI DENGAN JIHAD SAYA BERSIMBAH DARAH,mati ditangan Tuan, Allah akan mengampuni dosa-dosa saya dan saya dapat tiket untuk mencapai keRidhoanNya.
Gila kamu,,, biarin...,kalau ini Tuan anggap gila,saya bisa berbuat lebih gila dari ini...! saya bunuh kamu..?! bunuh..,
ALGOJO...? Dpncung,,,dielllll...,
ini terlepas keplanya dari badannya..,menggeluntung kepalanya kabawah,jatuh bergelindingan.., itu kepala lepas dari badan,,'NGAJI' baca ayat quran sampe perdana menteri bingung,,,(minggir2..Ini ada kepala ngaji).
Ayatnya yg dibaca:
YAA AYYATUHANNAFSUL MUTHMA'INNAH...,IRJI'II ILAA ROBBIKI ROODHIYATAMMARDHIYYAH..,FADKHULII FII 'IBAADII WADKHULII JANNATII...
(wahai jiwa yg tenang...! Kembalilah kpd Allah dg diridhoi,masuklah bersama golongan hamba-hambaku,dan masuklah kedalam surgaku).
Matanya terpejam rapat,bibirnya tersenyum,dia gugur sebagai syahid karena membela keyaqinan,di ISTIQOMAH tidak goyah oleh tawaran jabatan dan kedudukan tinggi.......
Perdanana Menteri geleng kepala" (dasarrr,orang islam).
Panggil opsir kedua...
Opsir kedua...?! yaa,Perdana Menteri..
Kamu sudah liat temanmu yg barusan?!!! sudah...,matikan???! mati..., Kamu bagaimana? Mau tetap berjuang untuk Islam atau ikut kami? Jabatan tinggi,kedudukan tingi,rumah tingi,bagaimana? Atau kamu mati seperti temanmu barusan,,,sudah kamu pikir??? sudh Perdana Menteri..., Sudah apa??? SUDAH JANGAN BANYAK OMONG..., Maksud kamu apa? SAYA SUDAH TIDAK SABAR MAU NYUSUL TEMANKU YANG BARUSAN ITU?
SAYA TIDAK BAYANGKAN BAGAIMANA DIA DISAMBUT OLEH MALAIKAT DI SORGA,DISAMBUT OLEH PARA BIDADARI DI SORGA,MENGGAPAI RIDHO ALLAH....,ooowhhh..,perdana menteri...! SUDAH JANGAN BANYAK OMONG..,KALO MAO POTONG,,,POTONG SAYA...! (euhhh,perdana menteri bilang,,ini lebih gila dari yang pertama ini...?")
yang pertama masih mau diajak ngomong,ini malah minta langsung,disembelih...
Ayo Algojo...? Potonggg...,potong lagi..,dieeelll,,terpisah lagi kepalanya dengan badan,jatuh kebawah menggeluntung...., 'NGAJI' lagi,, (euhh..)
Ayatnya yang dibaca:
WUJUUHUYYAUMA'IZINNAADHIROH,ILAA ROBBIHAA NAAZHIROH.
(muka mereka hari itu berseri-seri,kepada wajah Allah mereka memandang)
bibirnya senyum,matanya terpejam dan dia ajal dengan KHUSNUL KHOOTIMAH...! Mendapat syahid..? Karna teguh punya keyaqinan,ISTIQOMAH dalam perjuangan,tidak goyang,tidak mencla dan mencle....
Opsir ketiga,sini...! yupz,siapp...,Perdana Menteri...!
Kamu sudah liat nasib dua orang teman kamu?? sudah.., mati kan? Mati..., Kamu mau seperti dia?? Ooowh,tidak Perdana Menteri..,saya tidak mau mati,,daripada mati kan lebih baik hidup...
Kamu mau ikut saya..? Mau Perdana Menteri,,mauuu..
Gajih besar,rumah besar,kendaraan besarr,,,istri........," mau Perdana Menteri,saya mau,,daripada tidak jadi apa-apa kan lebih baik jadi apa-apa,,,daripada tidak punya apa-apa kan lebih baik punya apa-apa...., Oowh,jadi kamu selama ini berjuang karena mau cari apa-apa??? iyyaa,, Baguus,nanti kamu diangkat jadi Bupati dimana,,tunggu yach??
Perdana Menteri laporan...,Tuan Raja? Ya, ini opsir ketiga keliatannya baik ini,,,dia mau mengkhianati teman-temannya,sebangsa,setanah air,sekeyakinan...,Mengkhianati bangsanya,meninggalkan agamanya..,dia mau ikut kita.Kita angkat jadi pejabat dimana dia?
Raja senyum,,owh soal angkat mengangkat sich gampang Perdana Menteri...,cuma saya pikir opsir ketiga koq tegel-tegele..,koq sampai hati ya? Temannya sendiri,seiman,sekeyakinan,sebangsa dan setanah air..Dikhianati? Karena mengejar jabatan,harta,kedudukan...,orang itu Perdana Menteri,,,kalau sudah mau mengkhianati saudaranya sendiri..,apalagi orang lain...???"
Saya lanjutkan cerita ini,nanti diambil kesimpulan sendiri-sendiri.
Jadi saya mau dibunuh Tuan Perdana menteri? Ya,kamu mau dibunuh...! Tidak jadi,jadi pejabat??" tidak..,kamu bejat...! Bejat koq mau jadi pejabat??? Nanti juga kalo kamu jadi pejabat kerjamu cuma memperkaya dirimu sendiri,,paling banter keluargamu dan golonganmu,,rakyat tetep saja tidak terurus..
Paling-paling kamu kalau sudah jadi pejabat tinggi kerjamu cuma "membuka,meresmikan,berkunjung" "berkunjung,meresmikan,mebuka" "membuka,meresmikan,berkunjung" lah kapan ngurus rakyatnya? Bejat kamu?
Jadi saya dibunuh? Bunuuh..! iya lah kalo saya mau dibunuh,bunuhh,,tapi saya mau islam lagi akhh,, terserah mau islam lagi apa tidak,kamu tetap akan dibunuh!!! Ya saya mau Islam lagi.., ayo cepett.., saya mau syahadat dulu, cepettt...! Iyya pak,,, ASYHADU ALLA A A A... (macet lehernya) Ayo cepet!! Iyya pak,ASYHADU ALLA A A A..... (tidak bisa mengucap syahadat) ayo cepat??!! Iyya pak,ASYHADU A A A A.. (tidak tuntas mengucap syahadat,golok algojo keburu sampai dilehernya).
DieeLLL,,, Darah mancur,berpisah kepala dengan badan..." menggeluntung kebawah,, "NGAJI LAGI"
wong dia bekas santri..,masih bisa ngaji.Cuma ayat yang dibaca lain.., sama dengan dua temannya tadi..,ayat yang dibaca:
AFAMANHAQQO 'ALAIHI KALIMATUL ADZAAB,AFA ANTA TUNKIZU MAN FINNAAR...ini ayat yang dibaca..,ORANG YANG MEMANG SUDAH DAPAT VONIS AKAN MENDAPATKAN AZAB,BISAKAH KAMU MENYELAMATKAN DIA DARI NERAKA???
Bertahun-tahun berjuang dibawah bendera Islam,untuk kejayaan islam,diakhir hayatnya ia tergoda oleh kedudukan dan harta,,oleh jabatan dan pangkat...,dia bergeser,imannya rapuh,hilang istiqomahnya,ditinggalkan agamanya,dan dalam keadaan begitu dia mati.., Dia SU'UL KHOOTIMAH...! Na'uudjubillah...
Saudaraku...
Apa guna saya ungkapkan ini? Mari kita belajar !! perlu STABILITAS TEMPERATUR BATHIN..!
Saya sering katakan:
Berapa banyak orang dibawah teriak-teriak..,Berantas korupsi! Ganyang korupsi! Sikat korupsi!
Cuma karena belum dapat kesempatan..." begitu dapat kesempatan,,korupsinya lebih gila dari dia yang teriaki...!
BETULL ???
Waktu dibawah rajiiin baca ayat Kursy,dapat Korsi..?Lupa sama ayat..."
BETULLL ???
Ini yang memerlukan sikap ISTIQOMAH,KONSISTEN.
Hanya dengan semangat seperti ini,maka kita tidak akan goyah oleh tantangan yang bagaimanapun beratnya.
Saudaraku yang saya mulyakan...
Allah berjanji,ORANG-ORANG YANG BERIMAN DAN BERISTIQOMAH...,...! Akan turun kepada mereka malaaikat,seraya berkata: kamu tidak usah takut,kamu tidak usah sedih...! Allah akan menolong kepada orang-orang yg ISTIQOMAH.

AYO KITA TETAP ISTIQOMAH MELAKSANAKAN IBADAH HANYA KEPADA ALLAH SUBHAANAHU WATA'ALA...!

Komentar

Popular Posts

Darkah Ya Ahlil Madinah,Ya Tarim Wa Ahlaha - دركاة يا أهل المدينة ، يا تريم و أهلها

TEXT KHUTBAH JUM'AT KH ZAINUDDIN MZ

ORANG-ORANG YANG DI CINTAI ALLAH SWT