SHOLAT GAGAL FOKUS

Menoleh-ketika-sholat

Menoleh ketika sholat karena memperhatikan yang lain,itu adalah bentuk pencurian syetan daripada kesempurnaan khusyu' sholat kita.Kadangkala syetan membuat was-was sehingga sholat kita gagal fokus,mungkin ada orang masuk,ada orang menyapa,ada suara yang mencurigakan atau penasaran ingin melirik orang disamping kita.Ketika kita sholat lantas kita menoleh,itu berarti sholat kita sudah tercuri dan sholat kita menjadi gagal fokus menjadi tidak sempurna sholatnya.
Karena itu Rosulullah ditanya tentang menoleh dalam sholat,itu adalah bentuk curian Syetan daripada sholat kita,jadi abaikan jika ada hal-hal seperti itu ketika kita sedang sholat.

Diceritakan ada seseorang mimpi,dia ada didalam surga melihat bangunan yang indah dan megah,orang ini kagum ! Pasti orang yang istimewa tinggal didalamnya lalu dia bertanya,milik siapa bangunan yang megah ini? maka Malaikat yang ada disurga menjawab: ini adalah milikmu.Orang itu terheran,oh ini milik Aku??? kemudian dia memeriksa bangunan itu,setelah di periksa ada satu bagian jendelanya rusak,lalu orang itu berkata: ohh betapa sayangnya bangunan yang megah dan indah itu tapi ada jendelanya yang rusak.Maka Malaikat itu menjawab: sebenarnya bangunan ini sempurna untukmu,tapi karena sholatmu sambil menoleh maka kamu lihat bangunan megah itu ada cacatnya,seandai sholatmu benar sempurna,tidak terpengaruh sana dan sini,sholatmu khusyu'.Maka kamu akan miliki istana yang megah ini benar-benar sempurna di peruntukkan untukmu.

Ternyata resiko sialnya orang menoleh dalam sholat sampai ke Surga,bukan hanya di dunia bahkan sampai ke Surga akan membuat kita rugi,derajat di Surga akan di turunkan karena menoleh dalam sholat.Kita bisa bayangkan kalau seluruh sholat kita gagal fokus kepada Allah karena memikirkan dunia.Nah,disinilah Rosulullah Saw memerintahkan kita ketika sholat hendaknya mata kita memandang ketempat sujud.ضع نظرك الى موضع سجودك fokuskan pandanganmu ketika sholat ada ditempat sujudmu.Sehingga benar-benar hati kamu seratus persen 100% khusyu'.

Faidahnya kita di perintahkan untuk memfokuskan pandangan kita ketempat sujud,supaya kita sadar bahwa kita ini asalnya dari tanah dan kembali kedalam tanah dan akan keluar dibangkitkan pada hari qiyamat dari tanah.
ﻣِﻨْﻬَﺎ ﺧَﻠَﻘْﻨَﺎﻛُﻢْ ﻭَﻓِﻴﻬَﺎ ﻧُﻌِﻴﺪُﻛُﻢْ ﻭَﻣِﻨْﻬَﺎ ﻧُﺨْﺮِﺟُﻜُﻢْ ﺗَﺎﺭَﺓً
ﺃُﺧْﺮَﻯٰ
Minhaa kholaqnaakum wa fiihaa nu'iidukum wa minhaa nukhrijukum taarotan ukhroo.
Sehingga dalam sholat jangan memikirkan dunia,kita mau mati dan tanah ini quburan kita dan jadikan sholat kita adalah sholat yang terakhir.
Dalam hadits Rosulullah: 
صلى صلاة الموطعين,sholatlah kamu seperti sholat orang yang mau berpisah.
Kalau seandainya dikatan,kerjakan sholat sebentar lagi kamu mati,pasti sholat yang terakhir ini kita buat menjadi sholat yang istimewa,sholat yang penuh harafan,sholat yang betul-betul khusyu',sudah tidak memikirkan urusan dunia karena sebentar lagi selesai sholat mati.

Jadikan setiap kita hendak sholat,sholat kita adalah sholat yang terakhir,mungkin saja setelah sholat kita ditaqdirkan mati dan beruntung itu menjadi sholat yang terakhir.
Jangan sampai sholat kita gagal fokus,insyaa Allah kita menjadi orang yang bisa khusyu' fokus dalam sholat.
Aamiin yaa robbal 'aalamiin.

Komentar

Popular Posts

Darkah Ya Ahlil Madinah,Ya Tarim Wa Ahlaha - دركاة يا أهل المدينة ، يا تريم و أهلها

TEXT KHUTBAH JUM'AT KH ZAINUDDIN MZ

ORANG-ORANG YANG DI CINTAI ALLAH SWT