ARTI HIJAB DALAM AL-QUR'AN

Hijab artinya tabir,di dalam Al-Qur'an disebut sebanyak 5 kali.
Yang berkaitan dengan Tabir yang di pakai oleh wanita sebagai tabir antara wanita dan laki-laki yang bukan mahromnya, terdapat dalam Al-Qur'an 2 kali.
1.Surat Maryam ayat 17
"Maka siti Maryam membuat Tabir dari hadapan mereka."
2.Surat Al-Ahzab ayat 53,
"Maka memintalah dari istri-istri Nabi dari belakang hijab."
Di dalam Al-Qur'an ada KERUDUNG, kalimatnya dalam bentuk Jama' bukan Mufrod,terdapat di Surat Annur ayat 31.
Dan hendaklah wanita- wanita yang beriman memasang/menutup dengan kerudung- kerudung mereka,pada yang menutupi rambut.
makna JUYUUBIHINNA didalam tafsir Al-Basiit,karya Imam Alwahidi jilid 16 hal.194
Syeikh Abulhasan 'Ali Bin Ahmad Bin Muhammad Alwahidi.
Arti Wanita-wanita Mukminat yang menutupi kerudung-kerudunya pada JUYUUBINNA.
Makna JUYUUBIBINNA,Abdullah Bin Abbas RA. mengatakan:
Yang menutupi rambut kepala,dada dan tulang dada.
Kerudung dalam Al-Qur'an disebutkan 1 kali dengan redaksi Khumur,bikhumurihinna.
Kemudian JILBAB dalam Al-Qur'an disebut dalam bentuk Jama' JALABIIB yaitu di Surat Al-Ahzab ayat 59.
Allahu subhaanahu wata'aala berfirman:
Hendaklah istri-istri nabi, putri-putri nabi dan wanita-wanitanya orang beriman seluruhnya hendaklah menutupi tubuhnya dengan jilbab-jilbab mereka.
Apa yang di maksud dengan JILBAB?
Ahli Bahasa Arab dan ahli kamus Arab yang terkenal,ROGHIB AL-ASFAHANI berkebangsaan Iran.Di dalam kamusnya,Mu'jamu Mufrodati Alfadzil Qur'an, halaman 93 beliau mengatakan:
Jilbab adalah baju kurung yang di lengkapi dengan kerudung,yang menutupi Rambut kepala,dada dan tulang dada.
Bagaimana hukumnya bagi wanita-wanita muslimah yang beriman?
Ada satu kitab yang mengkaji tentang Jilbab atau hijab 3 jilid besar namanya Kitab 'AUDATUL HIJAB karya:Muhammad Ahmad Bin Ismail Al-Muqoddam.
Tidak boleh membuka wajah perempuan secara umum,walaupun perempuan itu tidak menarik atau tidak ada khawatir fitnah,harus pakai hijab.
Ini adalah pendapat Imam Nawawi dalam MINHAJnya dan Imam Istakhri dan Imam Atthobari dan ini adalah keputusan Syekh Abu Ishaq Assairozi dan Imam Ruyani.
Bersambung....

Komentar

Popular Posts

Darkah Ya Ahlil Madinah,Ya Tarim Wa Ahlaha - دركاة يا أهل المدينة ، يا تريم و أهلها

TEXT KHUTBAH JUM'AT KH ZAINUDDIN MZ

ORANG-ORANG YANG DI CINTAI ALLAH SWT